MENUNTUT ILMU ADALAH WAJIB HUKUM-NYA BAGI MUSLIM LAKI-LAKI DAN MUSLIM PEREMPUAN
ILMU ADALAH CAHAYA YANG MENERANGI, YANG MERUPAKAN JALAN KITA UNTUK MENGETAHUI BAIK ATAU TIDAK SEGALA SESUATU
الــم {1} ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ ِفيهِ هُدَى لِلْمُتَّقِينَ {2} الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ {3} "Alif laam miim. Kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka". [Al Baqarah : 1-3].

Wednesday, November 27, 2013

DASAR HUKUM PERINTAH MENYEMBAH ALLAH

PERINTAH MENYEMBAH ALLAH

Allah berfirman dalam Al-Qur’an :
يا يها النا س اعبدوا ربكم الذى خلقكم و الذ ين من قبلكم لعلكم تتقو ن
Artinya :
Wahai manusia, sembahlah Tuhan kamu yang telah menciptakan kamu dan orang – orang yang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (Q.s. 2 : 21)
آلذى جعل لكم آ لارض فر شا و آ لسماء وأنزل من آلسماء ماء فاءخرج به من آ لسمر ت رزقا لكم فلا تجعلو أ لله أ ندادا وأ نتم تعلمو ن
Artinya :

Dialah yang menjadikan bumi sebgai hamparan bagimu dan langit sebgai atapnya, dan Dia turunkan air hujan dari langit, lalu dengan-nya itu Dia keluarkan buah – buahan sebagai rezeki bagimu, maka janganlah (ciptaanya itu ) kamu jadikan sekutu-sekutu bagi Allah, sedang kamu mengetahui (bahwa ciptaannya itu tidak sama dengan-Nya). (Q.S 2 : 22)

Wahai sekalian manusia itulah yang perintahkan kepada kita dengan ayat-ayat nya. Maka mari kita perhatikan bagaimana Allah menyuruh kita memberi petunjuk kepada kita untuk mengerjakan perintah-Nya. Sungguh Allah telah menyuruh kita supaya kita menyembah Allah Tuhan yang telah menciptakan kita dan orang-orang dahulu sebelum kita ini, supaya kita manusia bertaqwa (berserah diri) kepada Allah dengan mengerjakan perintah-Nya itu.

Dan yang demikian itu mari kita perhatikan, yang mana perintahnya dan yang mana petunjuknya. Adapun perintantahnya yaitu : Kita disuruh menyembah Allah. Dan adapun petunjuknya yaitu : maka seandainya kita bertanya yang manakah Allah itu??? Tentu saja kita akan ditunjukkan bahwa Allah Tuhan yang telah menciptakan kita dan orang-orang sebelum kita, yaitu Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya.

Maka mari kita sembah Allah sebagaimana yang telah Allah tunjukkan kepada kita dari perintahnya, karena Dia-lah Allah yang maha pencipta kita dan se-isi alam semesta raya ini. Dan janganlah kita mempersamakan Allah dengan ciptaanya. Karena yang demikian itu di larang oleh Allah atas kita agar tidak melakukannya.

Firman Allah dalam Al-Qur an :

وما نتنزل الا بامر ربك له ما بين أ يدينا وما خلفنا وما بين ذلك وما كان ربك نسيا

Artinya :

Dan (ingatlah ketika Jibril berkata) : “ Tidaklah kami turun kecuali dengan (membawa) perintah Tuhanmu. Kepunyaan Dia-lah apa yang ada dihadapan kami dan apa yang ada dibelakang kami dan apa yang ada diantara keduanya, dan sekali-kali Tuhanmu tidaklah lupa (atas miliknya). (Q.S 19 :64 )

Firman Allah Yang Lain :

رب آلسمو ت و آلارض وما بينهما فاعبد ه و آ صطبر لعبده هل تعلم له سميا

Artinya :
(Sungguh Tuhanmu) Tuhan pencipta langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya, maka sembahnlah Dia dan berteguh hatilah kamu dalam beribadat (menyembah) kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui (bahwa ciptaanya itu) sama dengan-Nya ?. (Q.s. 19: 65)

Demikianlah perkataan malaikat Jibril yang  Allah terangkan kepada kita manusia dengan ayat-ayatnya. Sungguh tidaklah Malaikat Jibril turun melainkan membawa perintah Allah, supaya dia memberitahu kita, bahwa langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya itu melainkan kepunyaan Allah SWT. Dan sekali-kali Allah tidak lupa atas miliknya. Sungguh Allah tuhan pencipta langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya. Maka sembahlah Allah, dan berteguh hatilah kita dalam beribahdah menyembah kepadanya.

Dan apakah kita mengetahui bahwa ciptaanya itu sama dengan Nya ? Tidak mengetahui bukan ?

Maka janganlah kita mempersamkan Allah dengan sesuatu yang telah Allah ciptakan, sesudah Allah mencegah kita dan member peringatan kepada kita tentang hal itu.

Jika kita ragu-ragu tentang Allah, maka lihatlah Firman Allah dalam Al-Qur an :

وان كنتم فى ريب مما نز لنا على عبد نا فاءتو أ بسورة من مثله وآ دعو أ شهد آ ء كم من دون آ لله ان كنتم صد قين
Artinya :

Dan jika kamu ragu-ragu terhadap perintah kami dengan melalui Al – Quran yang kami turunkan kepada hamba kami, maka datangkanlah satu surah seperti ( yang telah kami buat dalam Al-Quran), dan panggillah saksi-saksi mu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (Q.S 2:23)

Dan Allah melarang keras kita menyembah Selain Dia.
Firman Allah :

قل أ تعبدو ن من دون آ لله ما لا يملك لكم ضر ا ولانفعا وآلله هو آلسمع آ لعليم
Artinya :

Katakanlah : “Mengapa kamu menyembah sesuatu selain Allah yang tidak kuasa member mudharat kepada mu dan tidak pula kuasa memberi manfaat ?” dan Allah maha mendengar lagi Maha mengetahui ( siapa yang kamu seru dan siapa yang kamu sembah ketika sujud). (Q.S 5:76)

Wahai manusia sekalian itulah peringatan keras dari Allah sang pencipta semua Manusia, Jin, Tumbuh-tumbuhan bahkan Alam semesta raya ini.

Bukan-kah sangat jelas Perkataan Allah Tuhan Kita ???

Renungkanlah akan kalimat tuhanmu yang Maha ESa. Semoga Allah member petunjuk kepada kita semua, Amin Yarabbal A’lamin.

Dalam ayat yang lain Allah ber Firman :

و لقد أ ضل منكم جبلا كثيرا  أ فلم تكو نو أ تعقلون
Artinya :

Dan sungguh syaithan itu telah menyesatkan sebagian besar diantara kamu, maka apakah kamu tidak akan berfikir ? (Q.S 36:62).

No comments:

Post a Comment

KIRIM PERTANYAAN